Minggu, 13 Oktober 2013

HUKUM DAN ADAB DALAM BERQURBAN


DOWNLOAD E-BOOKNYA
DISINI

Bonus Majalah Assunnah

download-ebook



Dalam Agama Islam Ibadah Qurban Memiliki Kedudukan Yang Agung
Karena Qurban Merupakan Syi’ar Agama Yang Sangat Agung 
Yang Berkaitan Dengan Harta 
Dan Dengannya Seorang Hamba Bisa Mendekatkan Dirinya Kepada Allah Ta'ala
Dan Banyak Sekali Dalil Dari Al-Qur’an Dan As-Sunnah 
Yang Menjelaskan Tentang Keutamaan Yang Terkandung Didalamnya


PENGERTIAN UDH-HIYAH (HEWAN QURBAN)

Udh-hiyah adalah istilah untuk binatang yang disembelih pada hari raya ‘Idul Adh-ha dan hari-hari tasyrik (Tanggal, 11 dan 13 Dzulhijjah) dalam rangka ber-Ibadah kepada Allah Ta’ala baik berupa qurban Unta, Sapi, maupun Kambing.



Allah Subhanahu Wata’ala, Berfirman :


“Maka dirikanlah sholat karena Rabbmu dan berqurbanlah”. (Al-Kautsar :2)


Allah Subhanahu Wata’ala juga, Berfirman :


“Katakanlah sesungguhnya shalatku, Ibadahku (qurban), hidup dan matiku hanyalah untuk Allah Rabb semesta alam. tiada sekutu bagi-Nya, dan yang demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)” (Al-an’am :162-163)


Dari Anas Radhiallahu’Anhu, Ia Berkata :


“Rasulullah Sallallahu Alaihi Wa’sallam berqurban dengan dua ekor kambing yang bulunya didominasi dengan warna putih dan bertanduk, beliau Sallallahu Alaihi Wa’Sallam menyembelihnya dengan tangan beliau sendiri. beliau membaca basmalah, bertakbir dan memposisikan kaki beliau dibagian leher kambing”. (HR. Bukhari)

Berdasarkan dalil-dalil ini, maka seluruh ulama kaum muslimin bersepakat mengatakan bahwa Ibadah Qurban ini disyari’atkan, karena Nabi Sallallahu Alaihi Wa’Sallam juga senantiasa melakukannya.


HIKMAH DI SYARI’ATKANNYA IBADAH QURBAN

Ada beberapa hikmah yang dapat kita petik. yang terkandung dalam syari’at Ibadah Qurban, diantaranya adalah :
  1. Sebagai Ibadah untuk mendekatkan diri kita kepada Allah Azza Wajalla karena Ibadah qurban ini termasuk ibadah yang agung yang dapat mendekatkan seseorang kepada Rabb.
  2. Berqurban berarti menghidupkan sunnah para iama ahli tauhid yaitu Nabi Ibrahim Alaihis Sallam. karena Allah telah memberikan wahyu kepada beliau untuk menyembelih anaknya Ismail Alaihis Sallam. yang kemudian Allah menebusnya dengan seekor kambing dan kemudian beliau menyembelih kambing tersebut. Allah Berfirman ….. “Dan kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar” (As-Shaffat:107)
  3. Sebagai wujud syukur kepada Allah Azza Wajalla yang telah menundukkan binatang terna untuk kita semua. Allah Berfirman : “Demikianlah kami telah menundukkan unta-unta itu kepada kamu, mudah-mudahan kamu bersyukur. Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketaqaan dari kamulah yang dapat mencapainya. demikianlah, Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik”. (Al-Hajj : 36-37)
  4. Berbagi dengan orang-orang fakir yang ada disekitar kita dihari yang mulia ini, Hari Raya Idul Adh-ha.


HUKUM DALAM BERQURBAN

Para ulma telah bersepakat bahwa berqurban itu disyari’atkan. adapun perbedaan pendapat diantara mereka berkaitan tentang hukumnya secara terperinci, diantaranya :

PENDAPAT PERTAMA
Pendapat yang mengatakan hukumnya wajib. ada beberapa dalil yang dijadikan dasar oleh para ulama yang mengatakan hukumnya wajib, berikut ini adalah dalil-dalil yang mereka kemukakan :


Hadits Abu hurairah Radhiallahu’ Anhu, Ia Berkata :


Beliau Sallallahu Alaihi Wa’ Sallam bersabda : … “Barangsiapa yang memiliki kemampuan (keluasan rizki) dan tidak menyembelih, maka jangan dekati tempat shalat kami” (Shahihul Jami : no 6490)

Penjelasan mereka tentang hadits ini : ….. Rasulullah melarang mendekati tempat shalat bagi orang-orang yang mampu tapi tidak mau berqurban, hal ini menunjukkan bahwa orang tersebut telah meninggalkan suatu perkara yang wajib, maka seakan-akan tidak ada gunanya ia mendekati tempat shalat ‘Id.


Hadits Jundab bin ‘Abdillah Radhiallahu ‘Anhu, Berkata :


Aku menyaksikan Nabi Sallallahu Alaihi Wa’ Sallam pada hari Nahr (’Id AL Adh-ha), Belaiu Sallallahu Alaihi Wa’ Sallam bersabda : …”Barangsiapa yang menyembelih (hewan qurbannya) sebelum shalat, hendaklah menyembelih (hewan qurban lagi) sebagai penggantinya. dan barangsiapa yang belum menyembelih, maka sembelihlah dengan nama Allah”. (Muttafaqun ‘alaih)

Penjelasan mereka tentang hadits ini : ….. Perintah yng terkandung daam hadits ini menunjukan hukum wajib.


Sabda Rasulullah Sallallahu Alaihi Wa’ Sallam Saat Wukuf Di Padang ‘Arafah :


“Wahai sekalian manusia, sesungguhnya disetiap tahun wajib bagi setiap keluarga untuk berqurban dan ‘Atirah. Beliau berkata : ….. Tahukah kalian apakah ‘atirah itu …? yaitu yang kalian namakan Rajabiyah (Shahih At-Tirmidzi no. 1225)


Abu Ubaid Rahimahullah, Berkata :

“Atirah adalah sebutan bagi hewan yang disembelih pada masa jahiliyah dalam rangka ber-Ibadah. dan kemudian ajaran ini dihapus oleh Islam”. (Gharibul Hadits)


Ibnu Atsir Rahimahullah, berkata :


“(budaya) ‘Atirah sudah dihapus, kejadian ituberlangsung pada masa awal Islam”. (Jami’ul Ushul)

PENDAPAT KEDUA
Pendapat yang mengatakan hukumnya Mustahab (Sunnat). mereka berdalil dengan hadits berikut.
Rasulullah Sallallahu Alaihi Wa’sallam, bersabda :
“Jika telah masuksepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah dan salah seorang diantara kalian ingin menyembelih qurban, maka jangan memotong sedikit pun dari rambut dan kukunya” (HR. Muslim)
Penjelasan mereka tentang hadits ini ….. hadits ini memuat dalil yang menunjukan berqurban itu tidak wajib, seandainya berqurban itu wajib maka Rasulullah tidak akan mengatakan … “seandainya salah seorang diantara kalian Ingin menyembelih qurban” …

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Rahimahullah, mengatakan :
“Zhahirnya (secara tekstual) wajib, orang yang mampu namun tidak melakukannya, maka dia berdosa. karena Allah menyebutkannya beriringan dengan perintah shalat.

Allah Azza Wajalla, Berfirman :
“Maka dirikanlah shalat karena Rabbmu dan berqurbanlah”. (Al-Kautsar : 2)

Allah Azza Wajalla, Juga Berfirman :
“Katakanlah sesungguhnya shalatku, Ibadahku (qurban) … “. (Al-An’am : 162)
Allah Azza Wajalla memperlihatkan dan mengulanginya dengan menyebutkan hukum, kegunaan dan manfaatnya dalam surat Al-Hajj, Sesuatu yang keadaannya seperti ini mestinya bersifat wajib dan menjadi wajib bagi yang mampu, karena orang yang tidak mewajibkan, tidakmemiliki nash (dalam hal ini). landasan mereka hanyalah Sabda Rasulullah : ….. Barang siapa yang Ingin berqurban …..
Sesuatu yang wajib, tidak dikaitkan dengan “keinginan” atau tidak ingin, karena ini adalah pernyataan yang bersifat global. memang sesuatu yang wajib tidak diserahkan kepada kehendak hamba, namun terkadangdisandarkan pada syarat untuk menjelaskan kedudukan hukumnya seperti pada :

Firman Allah Azza Wajalla :
“Hai orang-orang yang ber-Iman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengankedua mata kaki” (Al-Maidah : 6)
Mereka memaknaiayat ini : ….. Jika kalian ingin melaksanakannya, ….. padahalthaharah hukumnya wajib.

Allah Azza Wajalla, Juga Berfirman :
“Al-Qur’an itu tiadalain hanyalah peringatan bagi semesta alam, (yaitu) bagisiapa diantara kamu yang Ingin menempuh jalan yang lurus”. (At-Takwir 27-28)
Berkeinginan untuk tetap Istiqomah diatas jalan yang lurus hukumnya juga wajib. sebagaimana halnya berqurban juga wajib atas siapa saja yang mampu. (Majmu Fatawa)

JENIS HEWAN QURBAN TERBAIK
Para Ulama sepakat bahwa hewan yang bisa dijadikan qurban hanyalah binatang ternak yang terdiri dari : (Unta, Sapi, dan Kambing)

Allah Subhanahu Wata’ala, Berfirman :
“Supaya mereka mempersaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan atas rizki yang telah Allah berikan kepada mereka berupa binatang ternak ………” (AL-Hajj :28)
Juga tidak ada riwayat yang menyebutkan bahwa Rasulullah Sallallahu Alaihi Wa’ Sallam dan para sahabat pernah berqurban dengan selain binatang ternak, adapun tentang yang mana yang terbaik …? para ulama dalam hal ini berbeda pendapat. dan mayoritas pendapat mengatakan bahwa hewan qurban terbaik secara berurutan adalah Unta, lalu sapi, lalu kambing. mereka berdalil dengan hadits shahih riwayat Bukhari dan Muslim.

Rasulullah Sallallahu Alaihi Wa’ Sallam, Bersabda :
“Barangsiapa mandi pada hari jum’at layaknya mandi junub kemudian berangkat, maka seakan-akan berqurban dengan seekor Unta. dan barangsiapa yang berangkat pada jam kedua, maka seakan-akan berqurban dengan seokor sapi. dan barangsiapa yang berangkat pada jam ketiga, maka seakan-akan berqurban dengan seekor kambing bertanduk. barangsiapa yang berangkat pada jam keempat, maka seakan-akan berqurban dengan seekor ayam. dan barangsiapa yang berangkat pada jam kelima, maka seakan-akan berqurban dengan sebutir telur. Apabila Imam sudah keluar (menuju masjid), maka malaikat pencatat menghadiri hutbah untuk mendengarkannya”
Dengan demikian maka Unta labih baik daripada sapi dan kambing dikarenakan jumlah dagingnya yang lebih banyak dan lebih bermanfaat bagi orang-orang miskin.

HEWAN YANG BOLEH UNTUK QURBAN
Dalam menentukan kriteria hewan yang boleh untuk di qurban adalah sebagaimana yang dijelaskan Rasulullah dalam sabdanya :
Rasulullah Sallallahu Alaihi Wa’ Sallam, Bersabda :
“Ada empat hewan-(dalam riwayat lain) : tidak sah dalam berqurban : yaitu buta sebelah, sakit yang tampak jelas sakitnya, pincang yang nampak jelas kepincangannya, kurus dan tidak memiliki lemak”. (Hadits Shahih)
Dan dalam riwayat lainnya Rasulullah pernah melarang berqurban dengan hewan yang rusak tanduknya atau yang rusak telinganya. oleh karena itu, seorang muslim harus menjauhkan diri dari hal-hal yang disebutkan diatas dan kita seharusnya ber-Ibadah kepada Allah dengan segala sesuatu yang terbaik dan utama.

USIA HEWAN YANG AKAN DIQURBAN
Binatang yang dijadikan sebagai qurban yaitu binatang yang sudah memenuhi kriteria usia tertentu. kambing sudah bisa dijadikan hewan qurban adalah kambing yang berusia genap setahun. sedangkan kambing yang berusia enam bulan masuk bulan ketujuh (AL-ZADZA’) masih diperselisihkan. dan mayoritas para ulama mengatakan boleh. sedangkan untuk binatang sapi, boleh dijadikan binatang qurban apabila sudah berusia genap dua tahun dan masuk tahun ketiga.

WAKTU PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN
Adapun waktu untuk melaksanakan Ibadah qurban adalah setelah selesai shalat ‘Idul Adh-ha. sebagaimana yang di jelaskan dalam hadits Al-Bara’ bin Azib Radhiallahu ‘Anhu.

Rasulullah Sallallahu Alaihi Wa’ Sallam, Bersabda :
“Amalan pertama yang kita lakukan pada hari ini yaitu shalat kemudian pulang, lalu menyembelih binatang qurban. Barangsiapa yang melakukan hal itu, maka dia telah sejalan dengan petunjuk kami. Barangsiapa yang menyembelih hewan qurbannya sebelum shalat, maka ia hanyalah daging yang dihidangkan buat keluarganya, dan tidak termasuk nusuk (ibadah) sama sekali”. (HR. Bukhari, no. 5545)

Rasulullah Sallallahu Alaihi Wa’ Sallam juga, Bersabda :
“Barangsiapa yang menyembelih sebelum shalat ‘Idul Adh-ha, maka sesungguhnya dia hanya menyembelih untuk dirinya. dan barangsiapa yang menyembelih sesudah shalat, maka Ibadahnya telah sempurna dan sejalan dengan sunnah kaum muslimin”. (HR. BUkhari. no. 5564)
Berdasarkan hadits diatas, maka waktu untuk melaksanakan penyembelihan hewan qurban dimulai sejak selesai meleksanakan shalat ‘Idul Adh-ha, dan dilanjutkan sampai dengan hari-hari Tasyriq (11,12,dan 13 Dzulhijjah).

Rasulullah Sallallahu Alaihi Wa’ Sallam, Bersabda :
“Hari-hari Tasyriq adalah hari-hari buat makan, minum dan dzikrullah”. (HR. Muslim, no. 1141)

AMALAN SUNNAH SAAT AKAN BERQURBAN
Disunnahkan menghadapkan hewan qurban ke arah kiblat, dan menuntunnya dengan baik danmelangsungkan proses penyembelihan dengan cara-cara yang baik pula.

Rasulullah Sallallahu Alaihi Wa’ Sallam, Bersabda :
“Jika kalian menyembelih, maka lakukanlah dengan cara yang baik”. (HR. Muslim)
Sebagaimana juga disunnahkan saat menyembelih untuk bertakbir dan membaca basmallah sebagaimana telah dijelaskan pada hadits terdahulu yang menyebutkan bahwa Rasulullah Sallallahu Alaihi Wa’ sallam bertakbir dan membaca basmallah saat menyembelih hewan qurban beliau.

CARA PEMBAGIAN DAGING QURBAN
Dalam hal ini Allah Subhanahu Azza Wajalla, Berfirman :
“Kemudian apabila telah roboh (mati), maka makanlah sebahagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya (yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta”. (Al-Hajj : 36)

Dan dalam ayat lain Allah Azza Wajalla, juga berfirman :
“Maka makanlah sebahagian daripadanya dan (sebahagian lagi berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara lagi fakir”. (Al-Hajj : 28)
Menurut para ulama, kata perintah dalam ayat tersebut diatas bermakna ‘Ibahah (boleh dikerjakan atau tidak) atau bersifat ‘Istuhab (sunat). Oleh karena itu, dianjurkan bagi yang berqurban untuk mengkonsumsi daging hewan qurban yang disembelihnya, menghadiahkan sebagiannya dan menyedekahkannya kepada orang lain. dan mereka juga boleh menyimpan daging qurban sebagai persediaan.

Rasulullah Sallallahu Alaihi Wa’ Sallam, Bersabda :
“….. Makanlah, simpanlah, dan sedekahkanlah”. (HR. Bukhari dan Muslim)
Adapun berkaitan dengan larangan menyimpan daging sembelihan qurban sebagai persediaan, maka larangan ini telah dinasakh. (Fathul Bari)

Ibnu Qudamah berkata dalam Al-Mughni :
“kita mempunyai riwayat yang berasal dari Ibnu Abbas Radhiallahu ‘Anhu, mengenai cara pembagian daging sembelihan qurban yang dilalukan oleh Nabi Sallallahu Alaihi Wa’ Sallam, beliau menyerahkan sepertiga bagian kepada keluarga untuk dimakan, membagikan sepertiga lagi kepada tetanggadan bersedekah dengan sepertiganya untuk para peminta-minta”. (HR. Abu Musa Al-Ashbahani, sanadnya hasan)
Berdasarkan hadits ini , maka persoalan pembagian daging hewan qurban itu begitu longgar. seandainya disedekahkan semua tanpa mengkonsumsi sebagiannya. atau dihadiahkan seluruhnya hukumnya boleh. Bila dimakan , disimpan dan disedekahkan juga tidak masalah.


HAL-HAL YANG BERKAITAN DENGAN QURBAN
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh kaum muslimin yanga akan berqurban, diantaranya :
  • Satu kambing cukup untuk satu orang dan cukup untuk satu keluarga, karena Nabi Sallallahu Alaihi Wa’ Sallam pernah berqurban dengan satu kambing untuk Beliau dan keluarganya. begitu juga satu ekor unta atau sapi cukup untuk qurban tujuh orang, berdasarkan hadits :

Dari Jabir bin Abdullah Radhiallahu ‘Anhu, mengatakan :
“Kami berqurban pada tahun hudaibiyah bersama Rasulullah Sallallahu Alaihi Wa’ Sallam satu unta untuk tujuh orang dan satu sapi untuk tujuh orang”. (HR. Muslim, no. 1318)
  • Tidak diperbolehkan menjual bagian apapun dari binatang qurban, baik dagingnya maupun kulitnya. sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits :
Rasulullah Sallallahu Alaihi Wa’ Sallam, Bersabda :
“Barangsiapa menjual kulit hewan qurbannya, maka tidak ada qurban baginya”. (Shahihul Jami’)
  • Upah untuk tukang jagal tidak boleh diambil dari binatang qurban, hal ini berdasarkan riwayat.
Dari Ali Radhiallahu ‘Anhu, mengatakan :
“Aku di suruh oleh Rasulullah Sallallahu alaihi Wa’ Sallam mengurusi unta qurban beliau, menyedekahkan daging dan kulit serta agar tidak memberikan apapun kepada tukang jagal, dan kami memberi tukang jagal sesuatu dari milik kami” (HR. Imam Muslim)
Tukang jagal boleh diberi daging qurban sebagai sedekah jika ia miskin atau sebagai hadiah jika ia kaya.
  • jika ada orang yang mewajibkan dirinya untuk berqurban dengan binatang tertentu, kemudian binatang tersebut mati atau hilang atau terlepasakibat kelalaiannya, maka dia wajib berqurban dengan hewan yang semisal. namun jika ini terjadi tanpa ada unsur kelalaiannya, maka tidak ada kewajibanapapun untuknya. jika hewan itu kembali maka dia wajib untuk menyembelihnya, baik kembalinya masih dalam masa qurban ataupun telah lewat masa berqurban. (Al-Umm, Al-Mughni)
  • Disunnahkan untuk menggemukkan hewan qurban dan memperlakukannya dengan baik. karena yang demikian ini termasuk mengagungkan syi’ar Allah Azza Wajalla.
Allah Azza Wajalla, Berfirman :
“Demikianlah (perintah Allah). dan barangsiapa yang mengagungkan syi’ar-syi’ar Allag, maka sesungguhnya itu timbul dari ketaqwaan hati”. (Al-Hajj : 32)

Dari Abu Umamah bin sahl Radhiallahu ‘Anhu, mengatakan :
“Kami menggemukkan hewan qurban di madinah dan kaum muslimin juga menggemukkannya. karena menggemukkan hewan qurban akan memperbanyak ganjaran dan lebih bermanfaat bagi orang-orang”.
  • Semestinya seorang muslim menyembelih hewan qurbannya ditempat tinggalnya dan melakukannya sendiri. karena ini merupakan syari’at yang harus kita jaga, sehingga anak-anak kita dapat menyaksikan penyembelihan dan pembagian dagingnya secara langsung, dengan demikian syari’at ini akan tetap terjaga. karena tujuan utama pemotongan hewan qurban ini bukanhanya sedekah bagi orang-orang miskin, namun tujuan utamanya adalah membuktikan ketaqwaan seorang hamba kepada Allah Azza Wajalla dengan mengalirkan darah binatang qurban.
Allah Azza Wajalla, Berfirman :
“Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak akan dapat mencapai (keridhaan) Allah, tapi ketaqwaan dari kamulah yang dapat mencapainya”. (Al-Hajj : 37)
Dengan demikian maka tidak disyart’atkan untuk membawa binatang qurban keluar dari daerah orang yang berqurban. sebab masih banyak orang setempat yang membutuhkannya. sehingga manfaat yang didapatkan oleh orang-orang yang membutuhkannya menjadi pintu kebaikan bagi yang berqurban.
  • Kaum muslimin yang benar-benar tidak mampu melaksanakan Ibadah ini, dia telah mendapatkan ganjaran sebagaimana orang yang berqurban.
Rasulullah Sallallahu Alaihi Wa’ Sallam, Bersabda :
“Ya Allah … ini adalah qurban dariku dan ummatku yang tidak (bisa) berqurban”. (Irwaa’ul Ghalil)
Dan akhirnya marilah kita saling berlomba-lomba untuk menjaga dan mengagungkan syiar ini dan mengamalkannya sesuai tuntunan Nabi Sallallahu Alaihi Wa’ Sallam, semoga Allah senantiasa menolong kita dan menerima semua amal Ibadah kita

Kamis, 01 Agustus 2013

MILAD SETENGAH ABAD TAPAK SUCI BERLANGSUNG MERIAH


MILAD  SETENGAH  ABAD  TAPAK  SUCI

Jakarta, Rabu 31 Juli  2013

Tidak Seperti Biasa Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Menteng Raya Tampak Meriah Dengan  Kehadiran Ratusan Kader Dan Pendekar Yang Memadati Gedung Aula PP Muhammadiyah. 

Para Kader Dan Pendekar Yang Berdatangan Dari Seantero Peloksok JABODETABEK & BANTEN Ini Begitu Antusiasnya Menghadiri Perhelatan Akbar Menyambut Milad Setengah Abad TAPAK SUCI.


Prof.  Dr. Muhammad Sirajuddin Syamsuddin  (Din Syamsuddin)
Membuka Acara Milad Setengah Abad TAPAK SUCI

Acara Yang Diisi Dengan Tausiah Dan Pidato Iftitah Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bapak Prof.  Dr. Muhammad Sirajuddin Syamsuddin (Din Samsuddin) Dalam Pidatonya Beliau Menyatakan Rasa Haru Dan Bangga Terhadap Perkembangan TAPAK SUCI Yang Begitu Pesat, Bahkan Diusianya Yang Ke 50 Tahun Ini Diharapkan Eksistensi TAPAK SUCI Sebagai Ujung Tombak Dakwah MUHAMMADIYAH Dapat Tetap Dipertahankan, Ketika Beliau Bercerita Tentang Salah Seorang Sahabatnya Yang Juga Merupakan Perdana Menteri Jepang Yang Bernama Mr. Yoshihiro Noda, Beliau Menceritakan Pengalamannya ... Ketika Pertemuan Saya Yang Pertama Dengan Mr. Yoshihiro Noda, Dia Memberi Saya Sebuah Baju Beladiri Asli Jepang Yang Berwarna Biru, Dan Pada Pertemuan Yang Kedua Di Kantor PP Muhammadiyah Saya Ganti Memberikan Dia Seragam TAPAK SUCI.

 
Bapak Prof. Dr. Din Syamsuddin  &  Mr. Yoshihiro Noda

Dan Yang Bertindak Sebagai Pengisi Tausiah Kajian Ramadhan Oleh Bapak H. M. Ali Taher Parasong, SH, M. Hum  Yang Merupakan Staf Ahli Menteri Kehutanan RI. Didalam Tausiyahnya Beliau Menekankan Tentang Perlunya Penanaman Aqidah Yang Kuat Dan Mengakar, Kemudian Beliau Menceritakan Perjalanan Ashabul Kahfi Yang Berjuang Untuk Mempertahankan Aqidah Ditengah Tekanan Penguasa Yang Begitu Kuat Dan Dzolim. 


Atraksi Dari Anak-Anak Prestasi
Padepokan Taman Mini Asuhan Pendekar Suryo Wirawan


Saatnya Berbuka Puasa
Alhamdulillah ... Nikmatnya


Saatnya Makan Malam
Alhamdulillah ... Nikmatnya
 
 

Senin, 29 Juli 2013

PEDOMAN PENYELENGGARAAN MILAD SETENGAH ABAD TAPAK SUCI

 
PANDUAN  PENYELENGGARAAN 
MILAD  SETENGAH  ABAD  TAPAK  SUCI

Nomor : A – 17 / PPTS / VII / 2013
H a l : Pedoman Penyelengaraan Milad Setengah Abad TAPAK SUCI
Lampiran : 1 (satu) berkas

Kepada Yth : 
Pimpinan Wilayah
Perguruan Seni Beladiri Indonesia
TAPAK SUCI PUTERA MUHAMADIYAH
Seluruh Indonesia

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Berkenaan dengan Milad Setengah Abad TAPAK SUCI yang jatuh pada tanggal 23 Ramadhan 1434 H atau tanggal 31 Juli 2013 M, dengan ini Pimpinan Pusat TAPAK SUCI mengharapkan kepada Pimpinan Wilayah dan Pimpinan Daerah TAPAK SUCI seluruh Indonesia untuk dapat melaksanakan kegiatan memperingati Milad Setengah Abad TAPAK SUCI dengan berpedoman kepada Tuntunan Milad Setengah Abad TAPAK SUCI sebagaimana terlampir.

Instruksi ini mohon untuk disampaikan kepada Pimpinan Daerah masing – masing dalam rangka menyemarakkan Milad 50 tahun TAPAK SUCI.

Demikian instruksi dan tutunan tentang Milad Setengah Abad TAPAK SUCI kami sampaikan untuk diperhatikan dan dilaksanakan sebagaimana mestinya. Atas perhatian dan terlaksananya diucapkan banyak terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Pimpinan Pusat
Perguruan Seni Beladiri Indonesia
TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH

Ketua Umum

Muhammad Afnan Zamhari, PUa
NBTS. 630.024 NBM 425732 
Sekretaris Umum

Drs. Muhammad Ibban Badawi, PUa
NBTS. 0000.208 NBM. 540866

LAMPIRAN :
PANDUAN PELAKSANAAN MILAD EMAS
50 TAHUN TAPAK SUCI
"SETENGAH  ABAD  TAPAK  SUCI"


Yogyakarta, 22 Syakban 1434 H
1 Juli 2013 M

Nomor : A – 17 / PPTS / VII / 2013
H a l : Pedoman Penyelengaraan Milad Setengah Abad TAPAK SUCI
Lampiran : 1 (satu) berkas

Kepada Yth. :
Pimpinan Wilayah
Perguruan Seni Beladiri Indonesia
TAPAK SUCI PUTERA MUHAMADIYAH
Seluruh Indonesia

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Berkenaan dengan Milad Setengah Abad TAPAK SUCI yang jatuh pada tanggal 23 Ramadhan 1434 H atau tanggal 31 Juli 2013 M, dengan ini Pimpinan Pusat TAPAK SUCI mengharapkan kepada Pimpinan Wilayah dan Pimpinan Daerah TAPAK SUCI seluruh Indonesia untuk dapat melaksanakan kegiatan memperingati Milad Setengah Abad TAPAK SUCI dengan berpedoman kepada Tuntunan Milad Setengah Abad TAPAK SUCI sebagaimana terlampir.

Instruksi ini mohon untuk disampaikan kepada Pimpinan Daerah masing – masing dalam rangka menyemarakkan Milad 50 tahun TAPAK SUCI.

Demikian instruksi dan tutunan tentang Milad Setengah Abad TAPAK SUCI kami sampaikan untuk diperhatikan dan dilaksanakan sebagaimana mestinya. Atas perhatian dan terlaksananya diucapkan banyak terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Pimpinan Pusat
Perguruan Seni Beladiri Indonesia
TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH

Ketua Umum

Muhammad Afnan Zamhari, PUa
NBTS. 630.024 NBM 425732 Sekretaris Umum

Drs. Muhammad Ibban Badawi, PUa
NBTS. 0000.208 NBM. 540866

Lampiran Surat Pimpinan Pusat TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH
Nomor : A – 17 / PPTS / VII / 2013
Tanggal : 22 Syakban 1434 H / 1 Juli 2013 M

TUNTUNAN PENYELENGGARAAN
MILAD SETENGAH ABAD TAPAK SUCI
TAHUN 1434 H / 2013 M

I. TEMA
Tema peringatan Milad Setengan Abad TAPAK SUCI adalah :
“ REVITALISASI IDEALISME DAN KONSULIDASI PERGURUAN SEBAGAI GERAKAN AMAR MAKRUF NAHI MUNKAR “

II. POKOK PEMIKIRAN
1. Tapak Suci Putera Muhammadiyah dihitung sejak berdirinya pad tanggal 10 Rabi’ulawal 1383 H / 31 Juli 1963 hingga 23 Ramadhan 1434 H/31 Juli 2013 M telah berusia 50 tahun.
2. Dengan rasa syukur kepada Allah SWT dan terimakasih kepada para pendiri dan anggota TAPAK SUCI yang telah ikut mengembangkan TAPAK SUCI sehingga dapat berkembang di Indonesia bahkan di manca negara. Dengan kekurangan dan kelebihan TAPAK SUCI dalam rentang usia Setengah Abad alhamdulillah telah memberikan sumbangsih untuk bangsa dan negara melalui pertandingan maupun perlombaan di tingkat nasional maupun internasional dengan dibuktikan keberhasilan atlet maupun pelatih TAPAK SUCI dalam meraih juara.
3. TAPAK SUCI telah berkiprah untuk perguruan, organisasi, bangsa dan negara khususnya dalam olahraga pencak silat dengan nyata telah memberikan kontribusi baik atlet maupun pelatih dengan prestasi yang tidak diragukan. Dengan demikian apabila ada pihak yang meragukan TAPAK SUCI sama dengan meragukan kiprah TAPAK SUCI sebagaimana merupakan peguruan Historis di Ikatan Pencak Silat Indonesia.
4. Sebagai Organisasi Otonom Muhammadiyah TAPAK SUCI tidak perlu diragukan dalam usahanya mencetak kader – kader Muhammadiyah sehingga diharapkan munculnya kader – kader Muhammadiyah yang siap membaktikan kepada Muhammadiyah.
5. Berdasarkan pokok – pokok pikiran di atas maka Milad Setengah Abad TAPAK SUCI bertema “ REVITALISASI IDEALISME DAN KONSULIDASI PERGURUAN SEBAGAI GERAKAN AMAR MAKRUF NAHI MUNKAR “

III. TUJUAN
1. Meningkatkan peran TAPAK SUCI dalam perkembangan Muhammadiyah, dengan menciptakan kader – kader Muhammadiyah.
2. Meningkatkan peran TAPAK SUCI dalam Ikatan Pencak Silat Indonesia serta pengembangan olahraga pencak silat di Indonesia.
3. Meningkatkan revitalisasi dan konsulidasi organisasi sebagai langkah menuju TAPAK SUCI kedepan yang lebih baik.
4. Menciptakan persatuan, kesatuan dan perdamaian serta mewujutkan Amar Makruf Nahi Munkar.

IV. KEGIATAN
Milad Setengah Abad TAPAK SUCI dilaksanakan di seluruh Pimpinan dari Pusat sampai Daerah. Mengingat tanggal 31 Juli 2013 ada di bulan Ramadhan 1434 H, maka bentuk kegiatan yang dilaksanakan antara lain :
1. Menyelenggarakan Pengajian umum maupun khusus dengan mengkaitkan Tema Milad Setengah Abad TAPAK SUCI dengan nilai – nilai Islam
2. Menyelenggarakan Daarul Arqam untuk anggota – anggota TAPAK SUCI
3. Menyelenggarakan gerakan Bakti Sosial.
4. Menyelenggarakan silaturahmi dengan Muhammadiyah dan pejabat setempat serta ortom sebagai sarana mempererat komunikasi.
5. Menyelenggarakan resepsi / upacara Milad Setengah Abad TAPAK SUCI sesuai dengan kondisi masing – masing, dengan pokok acara :
a. Pembukaan
b. Pembacaan ayat suci Al Qur’an
c. Lagu Indonesia Raya
d. Lagu Sang Surya
e. Lagu Mars TAPAK SUCI
f. Prakata Panitia
g. Sambutan Pimpinan Muhammadiyah
h. Penutup
Penyelenggaraan upacara tersebut diatas disesuaikan dengan kemampuan, situasi dan kondisi setempat dengan perencanaan yang baik.

V. SYIAR DAN PUBLIKASI
1. Syiar Milad dapat dilakukan dengan cara :
- Mempublikasikan kegiatan melalui media massa, baik cetak maupun elektronik
- Pemasangan atribut – atribut TAPAK SUCI berupa umbul – umbul dan bendera TAPAK SUCI, Baliho, spanduk dan media lainnya.
2. Untuk keseragaman sesuai tema pada spanduk, baliho adalah sebagai berikut :


MILAD SETENGAH ABAD
TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH
1963 – 2013
“Revitalisasi Idealisme dan Konsolidasi Perguruan sebagai Gerakan Amar Ma’ruf Nahi Munkar“

3. Desain / variasi spanduk / baliho secara umum dicontohkan diatas, corak dan kombinasi diperbolehkan melakukan kreativitas sesuai dengan lingkungan budaya masing – masing

VI. SIFAT PERINGATAN
Sifat Milad dilaksanakan secara terencana , tertib, khikmad dan efisien dengan menampilkan syiar dan membawa pesan yang baik.

VII. WAKTU
1. Peringatan kegiatan Milad Setengah Abad TAPAK SUCI secara umum dapat diselenggarakan mulai tanggal 20 Juli 2013
2. Khusus Upacara Milad dapat diselenggarakan pada tanggal 31 Juli 2013 atau disesuaikan dengan kebijakan dan kondisi masing – masing.

VIII. PEMBIAYAAN
Biaya peringatan Milad diusahan dari anggota TAPAK SUCI sendiri, atau bantuan amal usaha Muhammadiyah dan bantuan dari pihak luar yang tidak mengikat.

IX. PENYELENGARAAN
1. Agar peringatan Milad Setengah Abad TAPAK SUCI dapat berjalan dengan baik, efektif dan efisien perlu dibentuk panitia yang melibatkan seluruh komponen dikalangan Muhammadiyah khususnya anggota TAPAK SUCI.
2. Agar peringatan Milad Setengah Abad TAPAK SUCI dapat berjalan dengan tertib dan aman, hendaknya panitia berkoordinasi dengan aparat keamanan setempat, sesuai dengan peraturna yang berlaku
3. Agar peringatan Milad Setengah Abad TAPAK SUCI dapat diketahui masyarakat luar maka dioptimalkan publikasi dan syiar dalam berbagai jenis dan bentuk
4. Agar peringatan Milad Setengah Abad TAPAK SUCI dapat membawa pengaruh / manfaat yang positif maka harus dijadikan momentum untuk menggairahkan / menggembirakan gerakan TAPAK SUCI secara nyata sehingga TAPAK SUCI dapat berkembang ke depan.

Senin, 08 Juli 2013

HIASI HARI-HARI RAMADHANMU DENGAN IBADAH DAN KETAATAN

BEKAL MENYAMBUT RAMADHAN
Download Kajian Ilmiyah

Dibalik setiap ibadah yang telah ditetapkan oleh Allah Azza wa Jalla tentu ada hikmah yang dapat dipetik oleh seorang muslim, ada pula pelajaran yang diperoleh dari aktifitas ibadah tersebut, karena satu ibadah mempunyai ikatan dengan ibadah yang lainnya, sebagaimana melakukan suatu kebaikan, tentu melahirkan kebaikan lainnya. Dalam bulan Ramadhan banyak rangkaian ibadah yang dikerjakan oleh seorang muslim, dari rangkaian tersebut diharapkan ia dapat banyak belajar untuk bekal di bulan-bulan berikutnya. Kajian ini menguraikan benang-benang hikmah dan menampakkan guratan guratan iman yang semuanya diambil dari ramuan Al Qur’an dan As Sunnah serta dicampur dengan sedikit pengalaman hidup para Salafush Shalih. Mudah-mudahan kajian ini bermanfaat dan sebagai motivasi untuk menyongsong Ramadhan tahun ini.
 
Semoga Allah Azza wa Jalla berkenan mengampuni dosa dan menutup aib-aib kita. Amin Manusia keluar dari perut ibunya dalam keadaan tidak mengetahui apa-apa. Ketidaktahuan itu tidak hanya dalam hal yang berkaitan dengan kehidupan dunianya saja, akan tetapi dalam hal akhiratnya yaitu cara beribadah dan bermuamallahnya kepada Allah Azza wa Jalla Semuanya harus dengan belajar, dan sebaik-baiknya kesempatan belajar dan meningkatkan mutu ibadah kepada Allah Azza wa Jalla adalah bulan Ramadhan, bulan kebaikan, bulan penggandaan ganjaran, bulan bazar surga Allah Azza wa Jalla, bulan dimana dibukanya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka, bulan diturunkannya Al-Qur’an dan bulan yang didalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Tapi kenyataannya banyak diantara kita yang tidak tahu cara bermu’amalah dan bertakwa kepada Allah Azza wa Jalla
Alangkah meruginya seorang muslim yang apabila telah datang kepadanya bulan Ramadhan tapi dia tidak bisa mengambil nilai-nilai takwa yang ada didalamnya, padahal tujuan puasa Ramadhan adalah agar kita menjadi orang yang bertakwa. Karena itu kami hadirkan MP3 ini yang insyaAllah bisa kita jadikan guru untuk mengetahui bagaimana cara beribadah dan bermu’amalah dibulan Ramadhan karena berisikan kajian bagaimana belajar meningkatkan mutu doa, membaca Al-Qur’an, mendermakan harta dan ibadah-ibadah lain yang disunnahkan dalam bulan Ramadhan. MP3 ini juga berisikan tentang fiqh puasa, hakekat puasa dan hukum-hukum yang berkaitan dengan puasa Ramadhan. Ramadhan adalah pembelajaran dan banyak pelajaran yang bisa kita ambil darinya, mudah-mudahan kita bisa menjadi orang-orang yang bertakwa

Minggu, 30 Juni 2013

MUSYAWARAH WILAYAH III TAPAK SUCI BANTEN

MUSYAWARAH WILAYAH III
PIMPINAN WILAYAH 32
TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH
B A N T E N

Serang, 23 Juni 2013

Suasana Khusyu Menyelimuti Acara Pembukaan Musyawarah Wilayah III Perguruan Seni Beladiri Indonesia TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH BANTEN.

Acara Yang Dihadiri Oleh :
1. Ketua Dewan Guru Tapak Suci Bapak CHAMADA BRAJANAGARA, PBr
2. Ketua Pimpinan Wilayah 32 Tapak Suci Banten Bapak ASMUNI ILYAS, PUa
3. Ketua Dewan Pendekar Tapak Suci Banten Bapak H. M. Shiddiq, SP, PUa 

4. Jajaran Pendekar Tapak Suci Banten
5. Peserta Musywil Ke III Tapak Suci Banten Dan Undangan







SUASANA KHUSYU SAAT PEMBUKAAN
MUSYWIL III TAPAK SUCI BANTEN

Acara Yang Dipusatkan Di Komplek Dakwah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Banten Jl. Kiajurung Cipocok Jaya Kota Serang Ini Dimulai Dengan Sambutan Dari Ketua Panitia Musyawarah Wilayah III Tapak Suci Banten Yang Disampaikan Oleh Bapak FAUZAN MANAFI ALBAR, PMDy. 


Didalam Sambutannya Beliau Mengatakan :

"Musyawarah Wilayah Yang Ke III Ini Mengambil Tema ... Revitalisasi Tapak Suci Sebagai Budaya Luhur Dan Bermoral Guna Mengamalkan Dakwah Amar Ma'ruf Nahi Munkar ... Beliau Menyadari Betul Peran Dan Kiprah Tapak Suci Sebagai Pelopor, Penerus, Dan Penyempurna Amal Usaha Muhammadiyah, Sehingga Tapak Suci Harus Menunjukan Eksistensinya Sebagai Pencak Silat Yang Mengemban Misi Dakwah Dimasa-Masa Yang Akan Datang"


 
BAPAK FAUZAN MANAFI ALBAR, PMDy
(Ketua Panitia Musywil III Tapak Suci Banten)

Sementara Itu Ketua Pimpinan Wilayah 32 TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH BANTEN Bapak Asmuni Ilyas, PUa.

Dalam Sambutannya Beliau Mengatakan :

"Saya Merasa Bangga Terhadap Pesatnya Perkembangan TAPAK SUCI Di Tanah Banten Yang Pada Saat Ini Telah Berkembang Menjadi 8 Pimpinan Daerah Yang Terdiri Dari (Pimda Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Tangerang Selatan, Kabupaten Serang, Kota Serang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Dan Kota Cilegon) Hal Ini Menunjukan Eksistensi TAPAK SUCI Di Provinsi Banten Begitu Mendominasi Bahkan TAPAK SUCI Menjelajah Sampai Kepeloksok Pontang Dan Tirtayasa, Hal Ini Tidak Lepas Dari Peran Serta Para Pendekar Diantaranya Bapak JUMHANA, PKa. Yang Rela Melatih Sampai Kepeloksok Pontang. Padahal Jarak Tempat Tinggal Beliau Di Rangkasbitung Lebak. Ini Merupakan Satu Semangat Yang Patut Dicontoh Oleh Generasi Penerus TAPAK SUCI".



BAPAK ASMUNI ILYAS, PUa
(Ketua PIMWIL 32 Tapak Suci Banten)

Dalam Sambutannya Ketua Umum Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Banten Bapak K. H. HASAN ALAYDRUS Mengatakan :

"Tapak Suci Sebagai Sebuah Organisasi Harus Mengedepankan Kerjasama Dalam Membela Hak-Hak Pekerja, Karena Pekerja/Buruh Ini Adalah Satu Kekuatan Yang Besar Yang Perlu Mendapatkan Perhatian Lebih. Bahkan Sudah Saatnya Kita Membebaskan Bentuk-Bentuk Perbudakan Modern Yang Hanya Akan Mendatangkan Kesengsaraan Bagi Manusia ... Tapak Suci Dan Kokam Harus Bahu-Membahu Untuk Menjadi Ujung Tombak Dalam Menyuarakan Hak-Hak Pekerja/Buruh".


 
BAPAK K.H. HASAN ALAYDRUS
(Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Banten)

Sementara Itu Ketua Dewan Guru Tapak Suci Bapak CHAMADA BRAJANEGARA, PBr Yang Bertindak Sebagai Wakil Dari Pimpinan Pusat Tapak Suci Dan Sekaligus Membuka Secara Resmi Musyawarah Wilayah Tapak Suci Banten.

Dalam Sambutannya Beliau Mengatakan :

"Tapak Suci Sebagai Organisasi Belariri Dan Pencak Silat Terbesar Di Indonesia Telah Menunjukan Kebesarannya Dengan Selalu Mengharumkan Nama Bangsa Di Pentas Persilatan Dunia, Bahkan 75 % Atlit-Atlit Sea Games Adalah Atlit Binaan Tapak Suci, Ini Menunjukkan Betapa Dominasi Tapak Suci Dipersilatan Nasional Begitu Besar, Akan Tetapi Kebesaran Tapak Suci Sayangnya Tidak Dianggap Atau Dipandang Sebelah Mata Oleh Induk Organisasi Muhammadiyah, Sehingga Tapak Suci Seperti Berjalan Sendiri Tanpa Adanya Dukungan Dari Orang Tuanya, Bahkan Tidak Sedikit Sekolah-Sekolah Yang Berlabel Muhammadiyah Enggan Bahkan Tidak Mau Untuk Menerima Tapak Suci Sebagai Extra Kurikuler Di Sekolahnya, Padahal Di Sekolah / Ponpes NU Saja Tapak Suci Diterima Dengan Lapang Dada".
 






BAPAK CHAMADA BRAJANEGARA, PBr
(Ketua Dewan Guru Tapak Suci)

Acarapun Ditutup Dengan Do'a Dan Foto Bersama Jajaran Pengurus Pimwil Tapak Suci Banten Beserta Dewan Guru Tapak Suci.





 

JAJARAN PENGURUS WILAYAH TAPAK SUCI BANTEN
BERFOTO BERSAMA DEWAN GURU TAPAK SUCI


Setelah Acara Pembukaan Selesai Para Peserta Musywil III Tapak Suci Bantenpun Memasuki Ruang Sidang Untuk Melanjutkan Proses Pemilihan Pengurus Pimwil Yang Baru.
Dalam Sidang Panlih Terseleksilah 21 Nama Calon Yang Masuk Daftar Calon Tetap Yang Akan Bertarung Di Pemilihan 7 Orang Formatur, Dan Dari 21 Daftar Calon Tetap Maka Keluarlah 7 Nama Yang Berhak Masuk Tim Formatur Diantaranya :

1. Bapak H.M. Shiddiq, SP, PUa Yang Mendapat 26 Suara
2. Bapak Fauzan Manafi Albar, PMDy Yang Mendapat 23 Suara
3. Bapak Alawik, PKa Yang Mendapat 21 Suara
4. Bapak Jumhana, PKa Yang Mendapat 19 Suara
5. Bapak Juni Herdwiyono, PKa Yang Mendapat 19 Suara
6. Bapak Muharman, PKa Yang Mendapat 19 Suara
7. Bapak Asmuni Ilyas, PUa Yang Mendapat 19 Suara

Dan Dari Sidang Formatur Maka Ditetapkanlah Bapak FAUZAN MANAFI ALBAR, PMDy Sebagai Ketua Terpilih Pimpinan Wilayah Tapak Suci Banten Periode Musywil III

 

KOLEKSI FOTO PESERTA 
MUSYAWARAH WILAYAH TAPAK SUCI BANTEN

 KETUA PIMDA 145 BAPAK MUHAMMAD IRFAN, KUa
DAN KETUA BIRO KEPELATIHAN BAPAK DANAR, KUa

SEKRETARIS PIMDA 145 BAPAK HAYATU ROHMAN, KMa
DAN KETUA BIRO KEPELATIHAN BAPAK DANAR, KUa

DELEGASI MUSYWIL TAPAK SUCI BANTEN
PERWAKILAN PIMDA 145 KABUPATEN SERANG

 DELEGASI PIMDA 145 KABUPATEN SERANG
DAN PENGGEMBIRA MUSYWIL TAPAK SUCI BANTEN


 ISTIRAHAT MAKAN SIANG



BERACTING DENGAN SERAGAM
PIMDA 145 TAPAK SUCI KABUPATEN SERANG



LELAH  MENJALANI MUSYWIL
SAATNYA ISTIRAHAT DI RESTAREA MALL OF SERANG
SINGGAH SEBENTAR DI PAPARON PIZZA